Informasi Tentang Halo Effect di Situs SehatQ.com

Halo Effect Dalam Pemasaran

Dalam riset pemasaran, halo effect dapat diukur dengan meminta orang menilai tingkat penampilan suatu objek atau layanan berdasarkan daya tariknya secara fisik dan dipahami oleh pendengarnya. Hasilnya hampir sempurna; oleh karena itu, halo effect masih hidup dan sehat dalam persepsi kita tentang produk kesehatan. Intinya, kita semua tertarik pada individu atau bisnis yang secara fisik menarik dan dipahami. Ini karena daya tarik fisik dan kesehatan terkait erat – kesehatan adalah yang membuat kita merasa baik, penampilan adalah yang membuat kita merasa percaya diri dan menarik.

Halo Effect Dalam Pelayanan Perawatan Kesehatan

Apa halo effect dalam konteks pelayanan perawatan kesehatan online? halo effect dapat menjelaskan mengapa beberapa situs informasi kesehatan seperti SehatQ tampak lebih populer di kalangan konsumen daripada yang lain. Meskipun benar bahwa sebagian besar konsumen mencari dan menemukan informasi tentang pilihan pengobatan lokal, juga benar bahwa banyak konsumen juga mencari informasi tentang pilihan pengobatan nasional.

Meskipun demikian, tampaknya aneh bahwa situs informasi kesehatan yang dipromosikan sebagai situs “lokal” akan memiliki peringkat lebih tinggi pada halaman mesin pencari jika dibandingkan dengan situs yang tampaknya melayani masalah kesehatan nasional. Mungkinkah halo effect adalah konsumen mencari opsi perawatan lokal melalui platform online tertentu, tetapi mereka kemudian menemukan bias (atau pengkodean) dalam platform itu yang memungkinkan mereka untuk melihat platform nasional sebagai yang lebih baik?

Situs informasi kesehatan lebih menarik bagi konsumen

Untungnya, ada cara mudah untuk melawan halo effect dan membuat situs informasi kesehatan ataupun artikel kesehatan lebih menarik bagi konsumen. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pengkodean atau alat lain yang memungkinkan pembuat situs web membuat kotak alat untuk diklik konsumen yang berisi berbagai opsi berbeda. Kemudian, ketika pengguna mengetikkan frase pencarian yang menyertakan salah satu opsi tersebut, situs SehatQ akan menghasilkan menu pilihan berdasarkan frasa itu. Jika situs web dibuat dengan tujuan membuat konsumen merasa sedang melakukan penelitian untuk perawatan kesehatan mereka, ini adalah strategi yang cerdas.

Meningkatnya teknologi dan akses online

Namun, ada cara lain untuk melawan halo effect. Dengan meningkatnya teknologi dan akses online, lebih mudah dari sebelumnya untuk menjangkau jutaan orang dalam waktu singkat. Alih-alih hanya mengandalkan satu platform, situs web informasi kesehatan harus dipasarkan dengan menyegmentasikan audiens target mereka ke dalam kelompok kunci yang berbeda. Misalnya, mereka dapat menargetkan mereka yang memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya, serta mereka yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang mereka. Ini akan memungkinkan mereka untuk membedakan berdasarkan geografi, usia, kelompok etnis, jenis kelamin, dll. Dengan melakukan ini, ini akan menciptakan campuran pelanggan yang lebih beragam, dan oleh karena itu, waktu yang lebih mudah untuk memasarkan kepada mereka.

Informasi di Situs SehatQ.com

Pada akhirnya, konsumen dapat dengan mudah melawan halo effect. Dengan mencari informasi di situs SehatQ dan penawarannya secara cermat, mereka dapat memastikan bahwa informasi yang diberikan akurat dan tidak menawarkan pandangan yang tidak tepat dari audiens target. Mereka juga dapat bekerja untuk secara aktif menangkal bias kognitif yang dapat menyebabkan mereka membentuk kesan situs. Meskipun tidak mungkin untuk sepenuhnya menghilangkan pengaruh bias kognitif, situs web dapat menjadi jauh lebih menarik dengan memperlakukan audiens mereka dengan sedikit kreativitas. Lagi pula, jika semua orang percaya sebuah situs itu menarik, tidak peduli seberapa tidak masuk akal kedengarannya!

Mungkin benar bahwa halo effect dapat menjelaskan mengapa kita begitu tertarik pada orang yang menarik. Akan tetapi, seseorang hendaknya tidak melupakan fakta bahwa orang tertarik kepada orang lain yang memiliki kualitas positif, seperti atribut fisik yang sehat, nilai yang baik, dan sebagainya.